Senin, 07 April 2008

Merasa Cukup

Tersebutlah seseorang lelaki diantara Rasulullah dengan kondisi yang amat kekurangan. suatu hari istrinya berkata, "Sebaiknya engaku menemui Rasulullah saw dan meminta bantuan kepada beliau saw."
Si lelaki itu segera menemui Rasulullah saw. Begitu dia memandang wajah beliau, Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa yang meminta kepada kami, maka kami akan memberinya, tetapi jika dia menunjukan bahwa dirinya tidak membutuhkan sesuatu maka Allah-lah yang akan mencukupinya."
Tatkala mendengar sabda tersebut, dia berkata pada diri sendiri, "Sabda Rasulullah ini ditunjukan padaku..." Kemudian, dia segera pulang ke rumah dan menceritakan apa yang didengarnya dari Rasulullah saw. Sang istri berkata, "Rasul saw juga manusia, katakan kepada beliau dan lihat apa yang beliau sabdakan."
Untuk kedua kalinya, si lelaki itu mendatangi Rasulullah saw, tetapi sabda Rasulullah saw itu masih terngiang di telinganya. Untuk ketiga kalinya lelaki itu menemui Rasulullah saw, tetapi sabda beliau masih terngiang di telinganya, dia memutuskan untuk menemui salah seorang temannya dan meminjam sebuah golok.
Di pagi hari, dia ke gunung untuk mengumpukkan kayu bakar, kemudian menukarnya dengan setengah kilogram tepung gandum, lalu membuat roti dan makanan bersama istrinya. Esok harinya, dia semakin bersemangat dalam mencari kayu dan berhasil mengumpulkan kayu bakar dalam jumlah cukup banyak. Hari demi hari semkin banyak kayu bakar di kumpulkannya, sehingga berhasil membeli sebuah golok.
Tak lama kemudian, dikarenkan usahanya yang gigih itu, dia berhasil membeli dua ekor unta dan seorang budak, lambat laun dia menjadi orang yang kaya raya. Suatu hari dia datang kepada Rasulullah dan menceritakan kehidupannya itu. Rasulullah saw bersabda ,
"Saya telah katakan bahwa siapa saja yang menampakan dirinya tidak berkekurangan maka Allah akan mencukupinya."

Tinggalkan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More