Kamis, 22 Januari 2009

Kenali Kebencianmu

Memang sebagai manusia kita tidak lepas dari rasa benci dan amarah. Namun sebagai makhluk Allah SWT yang taat hendaknya kita bisa mengendalikan semua itu. Ketika kita melihat seseorang yang kita benci, pasti ujung-ujungnya ingin marah terus. Berarti kita masih belum bisa yang namanya mengendalikan amarah.

Lalu bagaimana cara mengendalikannya? Jika anda merasa benci dengan orang itu. Mengapa anda tidak mencari sisi baiknya? Apa anda tidak bisa menemukan setitik kebaikannya? Apakah anda merasa sulit hanya untuk mencari hanya satu titik kebaikannya? Hati-hati syetan ada dimana-mana! Cobala berusaha untuk mengenal dia lebih dalam ajaklah dia menjadi teman anda. Ibarat air dengan tanaman. Orang yang anda benci adalah tanaman sedangkan anda adalah air. Bila anda terus mejauh, tanaman itu pun akan menjadi layu, tapi apabila anda menjadikannya teman bahkan sahabat maka tanaman itupun tumbuh subur dengan eloknya. Makin elok tanaman itu makin makin enak anda memandang (tanpa rasa kebencian).
Layunya sebuah tanaman akan terlihat sangat jelek tapi eloknya sebuah tanaman akan terlihat sangat baik. Apakah anda masih berat untuk menjadikannya teman? Apa salah nya anda mencoba untuk mengenalnya? Mungkin anda masih belum mengenalnya dengan baik. Karena anda melihat tanaman itu tidak pantas untuk disirami. Hati-hati jika hal ini terjadi pada anda sendiri!

Tinggalkan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More